Jumat, 17 Desember 2010

Hobi Kerja

Disaat mengisi waktu luang menyetrika, banyak halusinasi muncul disana.Diantaranya istilah kerja, mulailah penulis menelusuri "kerja" . Karena buku terbatas dan catatan entah dimana, penulis menggunakan Internet sebagai pilihan. Hasil Penerawangan mbah google muncul serentetan istilah kerja.

Diantaranya dalam grammar Bahasa Indonesia istilah ini dikenal dengan sebutan Verba  yaitu  (bahasa Latin: verbum, "kata") atau kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Berdasarkan objeknya, kata kerja dapat dibagi menjadi dua: kata kerja transitif yang membutuhkan pelengkap atau objek seperti memukul (bola), serta kata kerja intransitif yang tidak membutuhkan pelengkap seperti lari (http://id.wikipedia.org/wiki/Verba.).

Di Grammar Bahasa Inggris Istilah ini dibagi menjadi 3 (dua) jenis.  Jenis pertama disebut "Continuous Verbs", pada umumnya kata kerja bahasa Inggris bertipe jenis ini, Ciri yang menonjol adalah kata kerja ini merupakan kegiatan secara fisik yang biasa dilakukan orang examples : to run, to walk, to eat, to fly, to go, to say, to touch etc. Jenis kedua “Non Continous Verbs”,  Ciri yang menonjol adalah kata kerja ini merupakan sesuatu yang tidak bisa orang kerjakan. Kata kerja ini jarang digunakan dalam "continuous" tenses. Yaitu ; Abstract Verbs examples  to be, to want, to cost, to seem, to need, to care, to contain, to owe, to exist, etc ; Possession Verbs examples to possess, to own, to belong... “Mixed Verbs” Ciri yang khas adalah kata kerja ini mempunyai dua arti yaitu berlaku seperti  "Non-continuous Verbs", dan "Continuous Verbs."  Examples to have, to appear, to see, to hear, to feel, to weigh, to look ... (http://elcom.umy.ac.id/elschool/muallimin.../file.../Tipe_Kata_Kerja.doc).


Facebook ternyata bisa digunakan sebagai sarana untuk menelusuri kata “kerja”, prioritas yang dicari penulis adalah info dari masing-masing profil. Hasil menunjukkan untuk profil teman yang mempunyai hobi kerja 0% dari 800 orang, dominan olahraga dan reading book. Kenapa ya??apakah menurut pengertian teman-teman kerja itu bukanlah hobi??apakah suatu kewajiban???Ini hanya sekedar keisengan penulis, supaya facebook ada comment, ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar